BABELAN bekasitoday.com-Untuk melestarikan budaya bekasi sebagai kebulatan tekad dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Babelan. Jajaran anggota Kepolisian Sektor (Kapolsek) Babelan melakukan latihan Pencak Silat dalam rangka 'Pelestarian Budaya Asli Bekasi, Jum'at (6/3).‬

‪Dalam latihan tersebut Padapokan Sima Maung yang bertempat di wilayah Babelan di minta mengajar ilmu Pencak Silat kepada seluruh personil polsek babelan.

Dalam latihan tersebut para anggota Polsek Babelan mempelajari joget rampak sebagai dasar seni beladiri, jurus pembuka, dan silat rampak.

Sementara Kompol Ardi Rahananto SE Sik, kepada bekasitoday.com mengatakan, seluruh personil Polsek Babelan wajib mengikuti latihan Pencak Silat ini, yang akan diselenggarakan sekali dalam setiap bulannya. "Latihan ini guna untuk membekali jajaran Personil Polsek Babelan, bukan hanya personil Satreskrim saja yang akan berhadapan dengan pelaku kriminal. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi kepada personil polisi lainnya, "jelasnya.

Menurutnya, disaat berada dalam kondisi terdesak, ilmu pencak silat yang dipelajari ini dapat digunakan. Terutama dalam menangkap pelaku kriminal dengan tangan kosong, "terangnya.


Dia menambahkan, ini kami lakukan agar anggota polsek babelan selalu sehat, sehingga kita programkan untuk kegiatan olahraga yang bentuknya seni beladiri, menurutnya, seni beladiri adalah termasuk olahraga juga, senam adalah olahraga, lari adalah olahraga. "Intinya adalah olahraga pagi bisa untuk menyehatkan jasmani, dan seni beladiri ini termasuk senam juga, "ujarnya.

Masih kata dia, efeknya bukan hanya sehat saja, kalau ada pelaku kejahatan ketika menggunakan senjata tajam bisa dilumpuhkan dengan kemampuan seni beladiri yang dimilikinya. "Diharapkan anggota polsek babelan mampu mengembangkan seni beladiri yang dipelajari, "terangnya.

Yang coba kita angkat menurutnya, adalah potensi wilayah yang kental dengan seni budaya dapat terpelihara dengan baik, dan saya ingin anggota polsek babelan tahu tentang seni dan budayanya, kalau memang anggota mau meneruskan silahkan. "Kalau program yang sekarang dilaksanakan, bagaimana caranya agar anggota terlihat sehat dan dan bisa melumpuhkan pelaku kriminal yang menggunakan senjata tajam dengan tangan kosong, "jelasnya.

Apalagi mendatang kita disibukan dengan pemilihan calon Kepala Desa dimana dibutuhkan personil keamanan. "Nanti kita siapkan anggota yang dibekali seni beladiri untuk ikut mengamankan jalannya pilkades di wilayah babelan, semoga pilkades mendatang berjalan aman dan nyaman,  "tegasnya.(red)

Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.