Petani Sukakarya
SUKAKARYA bekasitoday.com-Mina padi adalah cara yang digunakan oleh petani dengan menggabungkan teknik budidaya padi dan pemeliharaan ikan, yang dilakukan secara bersamaan di sawah, sehingga dapat mendongkrak penghasilan para petani sendiri.

Namun sayangnya, mina padi tidak bisa di aplikasikan di Kecamatan Sukakarya, yang memiliki kendala cukup banyak dari mulai segi keamanan sampai air yang tidak mendukung untuk perikanan, seperti yang di katakan oleh Enceng, penyuluh lapangan BP3K Sukakarya.

“Kita dulu sudah pernah coba untuk mengaplikasikan mina padi di sini (Sukakarya), namun gagal di karenakan banyak faktor, seperti masalah keamanan, baik dari orang ataupun dari hama, belum lagi air dari limbah pabrik yang sudah terlalu banyak, ”ujarnya.

Menurutnya, kenapa petani di Sukakarya sulit untuk maju, di karenakan banyaknya petani yang menjadi petani penggarap, bukan petani pemilik lahan sendiri. “Kendala kita juga di karenakan banyaknya petani yang sebagai petani penggarap, bukan miliknya yang dia garap, melainkan milik orang lain, jadinya kalau yang punya bilang gak usah di garap, ya gak di garap sama mereka, "pungkasnya.(red)
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.