TAMBELANG bekasitoday.com-Puluhan komunitas penggemar sepeda kuno “Onthel” mulai marak, di sepanjang jalan Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi, tampak penghobi sepeda berjajar rapih menyusuri jalan.

Selain unik dan langka, sepeda onthel yang pada jaman dahulunya di gunakan sebagai alat transportasi mengangkut barang, kini sengaja di gunakan untuk sarana olahraga.

“Dulu mah sepeda ini buat transportasi kaya ojek gitu, bisa buat ngangkut barang-barang, bisa juga di gunakan untuk membawa hasil panen petani, sekarang kan bisa buat berolahraga, ”ujar Wadi Hidayat (35) salah satu anggota “Comunitas Onthel Tambelang” saat bincang-bincang waktu istirahat, Kamis (4/6).

Sementara, Roin (48), mengatakan, jangan liat sepeda nya yang sudah tua begini, walaupun usianya tua, benda unik ini memiliki nilai sejarah yang harus di ingat. "Ayo kita lestarikan, kita jaga dan rawat dengan baik, supaya nggak hilang benda-benda yang punya nilai sejarah ini, ”terangnya.

Menurutnya, sebelum melakukan konvoi keliling biasanya berkumpul di halaman Kecamatan Tambelang menunggu anggota yang lain, setelah semua anggota kumpul baru mereka menggoes sepeda kuno tersebut keliling ke desa-desa yang ada di Kecamatan Tambelang.

Hal ini di lakukan sebagai ajakan untuk masyarakat, khususnya warga Kecamatan Tambelang, bahwa sehat itu sangat penting dengan berolahraga agar pola hidup sehat akan terjaga. Adapun sepeda Onthel sebagai sarana dijadikan simbol TAMBELANG (Tampil Beda dan Cemerlang).

Pantauan reporter komunitas penggemar olahraga sepeda ini adalah “Comunitas Onthel Tambelang” (COMOT). Sepeda yang digunakan modelnya sepeda kuno yang ada puluhan tahun yang lalu, sehingga jika sepeda diparkir bersama-sama nuansa kuno akan kelihatan.(Agung)
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.