BABELAN bekasitoday.com-Wakil Gubernur Jawabarat Deddy Mizwar, didampingi Dirut PT Pelabuhan Indonesia Persero (IPC) R.J Lino, tinjau lokasi kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL), di Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (2/9). 

Diketahui PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) IPC berencana akan mengembangkan sistem pengangkutan kontainer berbasis jalur sungai (inland access waterway) sepanjang 40 kilometer dari Tanjung Priok menuju Kawasan Industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sementara, R.J Lino, Direktur Utama IPC saat dikonfirmasi terkait kunjungannya ke kanal CBL mengatakan, Proyek tersebut untuk meningkatkan konektivitas pelabuhan dan wilayah pendukungnya dengan mengurangi beban jalur darat sekaligus usaha sekaligus memberikan alternatif moda angkut barang.

“Sistem transportasi ini direncanakan akan memanfaatkan jalur kanal yang telah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), yakni Kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL) dengan jalur melewati Marunda, Jakarta Utara. Jalur transportasi ini akan dirancang untuk bisa dilewati kapal tongkang berkapasitas muatan mencapai 72-144 Teus, ” ujarnya.

Ia menjelaskan, strategi tersebut diharapkan dapat membuat biaya logistik menjadi lebih efesien. 
Sedangkan estimatis investasi biaya membangun kanal dan memperdalam kali menurutnya sekisar Rp 3 triliun.


“Untuk angkutan tongkang dari sini (Tanjung Priok-red) ke sana (Cikarang-red). Estimatis biaya pembangunannya sekitar Rp 3 triliun, ”terangnya.

Menyadari pentingnya dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam proyek pengembangan CBL, IPC menyambut baik perhatian khusus dari Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

“Diharapkan melalui proyek pengembangan Kanal CBL ini, Pemda dan operator swasta dapat bersinergi untuk memberikan kontribusi yang lebih besar kepada negara dan kemajuan perekonomian daerah tersebut, ”tukasnya.

Lebih lanjut dikatakan, sejauh ini IPC menyambut baik keinginan Pemda Jawa Barat dalam hal ini Bapak Deddy Mizwar selaku Wakil Gubernur Jawa Barat untuk meninjau langsung lokasi pengembangan Kanal CBL.

“Kunjungan ini diharapkan dapat menghasilkan kerjasama yang baik antara IPC dengan Pemda guna kelancaran pengembangan kanal untuk transportasi barang, ”ungkapnya.(red)
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.