BABELAN bekasitoday.com-Nyekar (ngembang makam-red) orang tua dan keluarga yang telah meninggal dunia sudah menjadi tradisi tahunan warga Kabupaten Bekasi khususnya di wilayah Kecamatan Babelan di saat Idul Fitri (lebaran-red) tiba, dimana ratusan masyarakat berduyun-duyun mendatangi makam, guna mendo'akan sanak saudara dan orang tua yang telah meninggal dunia, Minggu (25/6).

Seperti halnya yang diungkapkan Dewi Rembulan warga RT02/01, Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, menurutnya dirinya datang ke makam  bersama anak dan suami, untuk mendo'akan orang tua yang telah lama meninggal dunia di Hari Raya Idul Fitri ini.

"Ini adalah tradisi warga setiap lebaran tiba, dimana kita wajib mendo'akan orang tua yang telah meninggal dunia, agar dilapangkan kuburnya, "ujarnya.

Dia menuturkan setelah selesai sholat ied, dirinya bersama keluarga langsung menuju makam orang tua yang ada di makam umum Desa Kedung Jaya.

"Mudah-mudahan do'a yang kita panjatkan mendapat kerido'an Allah SWT, amiiinnn, "terangnya berharap doa yang dipanjatkan di kobul.

Pantauan bekasitoday.com ratusan warga dari berbagai wilayah desa terlihat hadir untuk mendo'akan para alnarhum-almarhumah di pemakaman umum kedaung.(*).

Penulis : Nurdin
Editor : Bisot

Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.