Wali Kota Bekasi Rahmat Effendy mengatakan akan merencanakan Kota Bekasi sebagai Kota yang Layak Anak. Persiapan yang telah dilakukan Pemkot Bekasi, kata dia adalah memepersiapkan sarana dan prasarana, terutama pembangunan tempat-tempat berekspresi anak seperti taman bermain.

Kota Bekasi Rencanakan Bangun 1000 Taman Demi Kota Layak Anak

Dia mengatakan, rencana Kota Layak Anak telah dibuat sejak lama, namun hingga kini belum dapat terwujud. Terkait jaminan perlindungan anak, dia mengatakan telah menugaskan Satuan Tugas yang fokus untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak. Menurut dia, Satgas tersebut sudah cukup efektif dalam mengurangi kasus kekerasan pada anak, mengingat saat ini kerap terjadi kasus kriminal yang melibatkan anak usia dini. 

"Sudah ada satgas. Kalau nggak ada lebih parah lagi," ujar dia.

Menurut dia, terkait struktur, Kota Bekasi sudah meraih sekitar 60 hingga 70 persen, namun hal yang perlu diperbaiki adalah perilaku dan kebiasaan masyarakat. Dia menjelaskan, rencana Kota Bekasi sebagai Kota Layak Anak akan merujuk kepada beberapa wilayah yang telah terlebih dulu menerapkannya, seperti Surabaya, Bali dan Solo.

Dengan menjadikan Surabaya sebagai rujukan, Rahmat mengatakan telah mengusulkan pembangunan 1000 taman layaknya yang telah dilakukan Kota Surabaya. Meskipun saat ini, kata dia hanya beberapa taman saja yang sudah dibangun. Dia menyatakan akan memulai persiapan Kota Layak Anak pada tahun ini, namun kemungkinan akan rampung pada 2018 nanti. 

"Harus seperti itu, kan saya udah canangkan tuh seribu taman. Sekarang baru beberapa, kan korelasinya ke sana. Tapi buat mewujudkan itu kan susah, bertahap," kata dia. 
[REPUBLIKA]
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.