BABELAN bekasitoday.com-Sadar akan pentingnya hubungan yang sinergis dan berkelanjutan dengan lingkungan sekitarnya, PT Cikarang Listrindo (CL) Tbk, focus menyalurkan program-program Corporate Social Responsibility (CSR), ke bidang Pendidikan dan Kesehatan warga sekitar.

Sementara, Fajar Wibawa Tenaga Pendamping Lapangan (TPL-PT CL Tbk),  kepada media mengatakan, salah satu program kesehatan yang sudah dijalankan PT Cikarang Listrindo Tbk, sejak akhir 2015 adalah dengan melakukan pendampingan Posyandu di Desa Muara Bakti, dan Desa Buni Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Sampai saat ini sudah ada 11 posyandu yang sudah didampingi oleh PT. Cikarang Listrindo, Tbk. dimana delapan posyandu di Desa Muara Bakti dan tiga Posyandu di Desa Buni Bakti.

"Program pendampingan ini bekerjasama dengan Puskesmas Babelan II Kabupaten Bekasi, yang didukung oleh Asmawi Kepala Desa Muara Bakti, dan perangkatnya, adapun PT. Cikarang Listrindo, Tbk, telah melibatkan pemuda lokal yang sudah dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan mengenai Community Development. Pendamping lokal yang dilibatkan dalam hal ini ada dua orang TPL (Tenaga Pendamping Lapangan), "ujarnya.

Terpisah, Nijan salah satu TPL Posyandu kepada media menyampaikan, bahwa  pendampingan Posyandu bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi Kader Posyandu, meningkatkan jumlah kunjungan balita serta meningkatkan status gizi pada balita.


"Tolak ukur Keberhasilan program ini tentunya sangat bergantung kepada kesadaran dan partisipasi masyarakat, oleh karena itu bantuan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dari PT. Cikarang Listrindo, Tbk secara regular, yang pengelolaan nya diserahkan kepada para kader posyandu sebagai perangsang masyarakat untuk datang ke posyandu, "terangnya.

Retnoningtyas, Kepala Puskesamas Babelan II, mengatakan, selain bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) PT. Cikarang Listrindo, Tbk. juga memberikan bantuan berupa bangunan Gedung Posyandu, di Posyandu Alam Jaya Kampung Pendayakan Rt. 09 Rw. 05 Dusun 2B Desa Muara Bakti.


"Evaluasi program pendampingan posyandu setiap tahun yang dilakukan PT CL Tbk,  bekerjasama dengan Puskesmas Babelan II, sehingga Level atau Grade posyandu akan meningkat yang dari Pratama ke Madya, kemudian ke Purnama, dan bisa sampai ke Poyandu Mandiri, "jelasnya.

Bagus Nugrohadi, Community Development Specialist PT CL Tbk menuturkan, selain concern dalam rangka penyelesaian pembangunan proyek  Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), PT. Cikarang Listrindo, Tbk. akan terus berkomitmen untuk berupaya semaksimal mungkin bersinergi dalam rangka implementasi program-program CSR di wilayah Kabupaten Bekasi pada khususnya.

"Kegiatan ini tentunya untuk memberikan kemanfaatan yang positif bagi masyarakat di sekitar perusahaan, "ungkapnya seraya mengatakan kegiatan ini rutin kami lakukan di setiap bulannya.


Diketahui, Cikarang Listrindo (CL) Tbk, adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang energy listrik yang saat ini sedang melakukan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di wilayah Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, tepatnya di Desa Muara Bakti sejak tahun 2013.(*).

Penulis : Nurdin
Editor : Bisot
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.