MUARA GEMBONG bekasitoday.com-Ratusan nelayan adakan nyadaranan atau pesta laut, di perairan larung dondang, muara bendera, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, yang mana kegiatan ini adalah tradisi nelayan, agar mendapat keberkahan dan keselamatan dalam meencari ikan di laut, Senin (27/8).

Sementara, Fahruroji Camat Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, kepada media mengatakan, ada sekitar 300 perahu besar dan kecil, ikuti kegiatan nyadaranan yang diadakan per dua tahun sekali.

"Ini adalah tradisi para nelayan sejak dulu, gunanya untuk keselamatan dan keberkahan saat melaut, dan ini rutin dilakukan para nelayan yang ada khususnya di muara bendera, Muara Gembong, "ujarnya dengan didampingi Maman Kepala Desa Pantai Bahagia.

Dia menambahkan, karena nelayan masih banyak yang melaut, sehingga kegiatan rutin nelayan terlihat kurang semarak.

"Lantaran kesibukan, acara rutin nelayan ini banyak yang tidak menghadiri, mudah-mudahan tahun depan dapat berjalan dengan meriah  tentunya dengan dihadiri oleh semua nelayan yang ada khususnya nelayan muara bendera, "terangnya.

Pantauan bekasitoday.com bahwa dalam acara pesta laut atau yang lebih dikenal oleh nelayan dengan sebutan nyadaranan dibarengi dengan memotong kepala kerbau untuk di tenggelamkan ditengah laut sebagai bentuk rasa syukur.(*).

Penulis : Nurdin
Editor : Bisot
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.