TARUMAJAYA bekasitoday.com-Pemerintah Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, bekerjasama dengan Pegadaian Area Jatiwaringin adakan pelatihan Aquaponic Verticulture Tanaman Produksi, yang bertempat di Aula Desa Setia Asih, Selasa (20/3).

Dalam sambutannya, Hj Siti Qomariah Kepala Desa Setia Asih mengatakan, alhamdulillah hadir puluhan peserta pelatihan dari kelompok tani wanita, menurutnya, kegiatan pelatihan Aquaponic Verticulture tanaman produksi adalah kegiatan pertama yang diadakan desa Setia Asih dan dapat dipastikan pertama di Kabupaten Bekasi, semoga warga Setia Asih kedepannya sukses.

"Saya berharap kegiatan ini menjadi motivasi warga untuk diterapkan di rumah dan lingkungannya masing-masing, dan saya berharap hasil dari pelatihan ini dipraktekan, dan saya akan cek ke setiap rumah terutama peserta yang hadir saat ini, "terangnya.


Walaupun hanya satu hari, diharapkan peserta yang di dominasi oleh ibu-ibu dapat menyerap pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, dan membawa berkah buat kita semua.

"Peserta harus serius dalam pelatihan ini, agar pelatihan yang hanya di gelar satu hari dapat bermanfaat bagi kita, khususnya bagi peserta pelatihan, "jelasnya.

Sementara Komunitas Lestarikan Bumi (KLB) yang menjadi pembicara dalam kegiatan Verticulture Aquaponic Organik, kepada bekasitoday.com mengatakan, sampah ini adalah berkah, dimana limbah sampah yang ada di lingkungan salah satunya bisa diolah menjadi pupuk, tentunya bisa membuat hijau lingkungan.

"Seperti contoh, sampah pasar bisa diolah dengan cara dipermentasi, bisa menjadi pupuk organik cair, juga bisa menjadi pupuk kompos, dan pupuk yang dihasilkan dari sampah pasar yang sudah dipermentasi selama kurang lebih dua minggu, bisa menjadi pupuk semua jenis tanaman seperti cabe, tomat, sawi, dan lain sebagainya, "ujar vounder Hepni Sadly didampingi sekretaris Ulung Suranto.

Sementara, Eka Deputi Bisnis Kanwil Pegadaian Area Jatiwaringin mengatakan, Desa Setia Asih adalah desa satu-satunya yang di tunjuk oleh pihak pegadaian, dalam program mengelola sampah, dan bukan hanya mengelola sampah, kita juga akan membuat taman dan menanam pohon di sepanjang kali yang ada di kampung tanah tinggi dan kampung sawah. Alhamdulillah kepala desa Setia Asih men-suport kegiatan ini.

"Mudah-mudahan pelatihan ini membawa manfaat untuk perekonomian khususnya di desa Setia Asih, "jelasnya singkat.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Setia Asih Hj Siti Qomariah, dan puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok tani wanita (KTW).(*).

Penulis : Nurdin, Editor : Bisot
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.