CIKARANG bekasitoday.com-Untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan, guna mencapai standar kemampuan prajurit dan kemampuan khusus jabatan dengan siklus latihan yang telah ditentukan, dan bermuara agar tercapainya kemampuan perorangan prajurit dari tingkat Perwira, Bintara, dan Tamtama, sesuai standar yang telah ditentukan, kembali Korem 051/wijayakarta melakukan Garjas periodik 1 TA 2018 bagi para prajurit dilapangan Makorem, Rabu (18/4).   
            
Sebelum pelaksanaan Garjas dimulai Kapten Inf Kardo Kajasrem 051/Wkt menjelaskan, bahwa kegiatan Garjas periodik ini merupakan Program Kerja Korem 051/Wkt dibidang Operasi (Pembinaan Fisik). Dalam pelaksanaan Garjas terdapat beberapa tes fisik yang harus diikuti oleh seluruh prajurit, diantaranya Samapta A berupa lari sejauh 3.200 meter dengan waktu capai yang telah ditentukan sesuai kategori umur, kemudian dilanjutkan dengan Samapta B seperti Pull-Up, Push-Up, Shit-Up, dan shuttle run, serta ketangkasan perorangan berupa Renang Militer 50 meter. 

“Nilai yang nantinya didapat antara Samapta A dan nilai rata-rata Samapta B akan digabungkan dan hasilnya dibagi dua. Jika masih terdapat prajurit yang nilainya dibawah ketentuan yang telah ditetapkan, maka akan berpengaruh terhadap karir si prajurit tersebut, "terangnya.

Menurutnya, pelaksanaan tes Garjas periodik ini dilaksanakan dua kali dalam setahun. Karena itu setiap prajurit Korem 051/Wkt agar memanfaatkan dan melaksanakan pembinaan fisik sesuai program secara baik dan teratur. 

"Selain untuk membina fisik, Garjas ini juga sebagai sarana menunjang tugas pokok satuan dan sebagai bahan evaluasi sejauh mana kemampuan fisik yang sudah dibina, sehingga prajurit siap siaga kapan saja dibutuhkan.(*).

Penulis : Nurdin, Editor : Bisot
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.