Jayadih Menyambut Kemerdekaan Dengan Berziarah dan Silaturahim

Sukawangi – Kamis, 16 Agustus 2018. Calon Kepala Desa Sukamekar nomor urut 1, Jayadih bersama beberapa pendukungnya melakukan ziarah ke makam-makam para sesepuh dan mantan Kepala desa Sukamekar. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia ini dimulai sejak pagi hingga menjelang siang.

Pada kesempatan pertama, Jayadih beserta Tim Baja juga segenap para tokoh masyarakat, dan perwakilan pemuda berziarah ke tokoh agama almaghfur alm. Ustad Moch. Saiman di Kp. Kavling dan dilanjutkan ke makam tokoh budayawan/seniman Alm. Bpk Dalang Manat yang berdekatan dengan makam Alm. Agus Subur salah satu mantan kades Sukamekar. Di lokasi makam, istri Alm. Agus Subur menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan ziarah dan silaturahim ini.
“Terima kasih telah mengirim doa untuk suami saya dan menjalin silaturahim kepada keluarga kami” ungkap Ibu Resah, istri Alm Agus Subur.

Ziarah dan tabur bunga kemudian menuju makam tokoh pendidikan Alm. Taliya Raharjo di jalan Gg. Cendana Pangkalan, yang dilanjutkan ke makam alm. H. Madasir mantan kades yg berlokasi di jln Gg. Mede. Alm. H. Madasir merupakan satu-satunya mantan kades dengan masa dua periode. Istri alm. H. Madasir, ibu Hj. Juju Jubaedah juga terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Jayadih beserta Tim Baja.
“Semoga almarhum diampuni segala dosanya dan diterima amal ibadahnya” ibu Hj. Juju Jubaedah yang diaminkan para penziarah.

Kegiatan ziarah masih berlanjut ke makam mantan kades pertama yaitu alm. Bapak Sidi atau Bapak Mulin yg makamnya berdampingan dengan mantan kades alm. Bapak Wangsa yang tidak lain adalah putra dari alm. Bapak Sidi/Mulin di kp. Gempol ragas. Kemudian dilanjutkan ke Babakan Desa Muara Bakti ke makam alm. Bpk Wakil Najam. alm. Bpk Wakil Najam adalah tokoh pemerintahan Desa Sukamekar yang dikebumikan di makam keluarganya di wilayah Desa Muara Bakti Kecamatan Babelan, bang subur salah satu putranya mengucapkan trmksh dan apresiasi setinggi tingginya, 
“Baru kali ini ada calon kades seperti Bang Jayadih yang mengadakan ziarah ke makam para tokoh dan mantan kades, ini patut dicontoh dan dipertahankan” tutur Subur putra alm. Bpk. Wakil Najam yang menemani rombongan di lokasi pemakaman.

Jayadih Ajak Pendukungnya Ziarah Ke Makam Sesepuh Desa Sukamekar

Selanjutnya Tim Baja dan Jayadih menuju makam mantan kades alm. Bpk. H. Muhammad Anan Sanjaya di Kp. Kalen Kacing Desa Sukatenang Kecamatan Sukawangi. Di lokasi Tim juga bertemu dan bersilaturahim dengan Pak Karjat, seorang mantan Babinsa Pembina Desa Sukamekar saat pemerintan alm. H. Madasir. Pak Karjat mengaku terharu, bangga telah dikunjungi dan masih diingat oleh warga Desa SUkamekar tempatnya mengabdi sekian tahun lalu. Setelah bersilaturahim dengan Pak Karjate, rombongan selanjutnya menuju makam mantan kades almhum H. Muhammad Nimun.

“Kami berziarah dan bersilaturahim ini adalah bentuk wujud syukur dan upaya untuk kembali mengingat jasa-jasa para pendahulu yang telah berjasa membangun Desa Sukamekar hingga menjadi seperti sekarang ini. Ini juga perlu untuk mengingatkan kepada pemuda agar lebih mengenal sejarah desanya, tokoh-tokoh dan sesepuhnya agar dapat meminta bimbingan dan restunya” ungkap Jayadih saat ditemui di rumah pemenangan setelah selesai melakukan ziarah.
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.