CIKARANG bekasitoday.com- Sedikitnya 96 orang prajurit Korem 051/Wkt ikuti penyuluhan tentang penyakit HIV/AIDS, hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS, bertempat di Aula Wijayakarta Makorem, Selasa (18/12).

Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, S.I.P., dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kasi Intel Korem 051/Wkt Mayor Drs. Puji Wibowo mengatakan, penyuluhan kesehatan kaitannya dengan HIV/AIDS, bertujuan untuk mengenalkan tentang seluk beluk HIV/AIDS.

"Diharapkan kepada para prajurit dan PNS Korem 051/Wkt, agar mengenal dan memahami HIV/AIDS, dan bagaimana resikonya jika seseorang telah terkena penyakit tersebut, "ujarnya.

Sementara, Drg. Artaty PNS IV/a dari Polkes Bekasi menjelaskan bahwa media penularan HIV-AIDS melalui darah, sperma, cairan vagina dan ASI (Air Susu Ibu), sementara itu HIV-AIDS tidak menular melalui air liur, air mata, air keringat, air seni/urine dan feses (tinja/kotoran).

"Diimbau agar prajurit dan PNS Korem 051/Wkt dapat mencegah penularan HIV/AIDS melalui beberapa cara diantaranya, tidak melakukan hubungan seksual secara bebas, jangan berganti-ganti pasangan seksual, jangan melakukan hubungan seksual di luar nikah, gunakan kondom terutama perilaku resiko tinggi jangan menjadi donor darah, seorang ibu yang didiagnosa positif hamil sebaiknya jangan hamil, penggunaan jarum suntik sekali pakai dan jauhi Narkoba. Meski demikian, pihaknya tetap menganggap fakta sebagai hal yang mengkhawatirkan, mengingat penyakit itu merusak sistem kekebalan tubuh. "paparannya

Artaty juga menjelaskan bahwa HIV-AIDS tidak menular melalui air liur, air mata, air keringat, air seni/urine dan feses (tinja/kotoran). Untuk itu, karena orang yang terkena virus HIV menjadi rentan terhadap sembarang infeksi ataupun mudah terkena tumor.

"Orang yang terinfeksi oleh HIV terlihat sehat, orang yang terinfeksi HIV biasanya tidak tahu bahwa dirinya sudah terinfeksi HIV, sehingga dapat menyebarkan virus ini kepada orang lain. Dan tes HIV adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang sudah terinfeksi HIV atau tidak.(*).

Penulis : din
Bagikan:

Beri komentar:

0 komentar, berikan komentar Anda.